OVER VIEW
Pertumbuhan Industri telekomunikasi Indonesia yang pesat dari sektor
ponsel membuat Indonesia adalah salah satu pasar ponsel yang paling
cepat berkembang didunia seperti China dan India dengan
mengalami CAGR (Compounded Average Growth Rate) lebih dari 60%
sejak 2001.
Pertumbuhan ini didorong oleh beberapa faktor, seperti investasi
internasional dan agresifitas operator menawarkan berbagai
program-program menarik atau bundling untuk memanjakan pelanggannya.
Bila melihat pertumbuhan pelanggan ponsel di Indonesia berdasarkan data
Q1 - 2010 adalah sekitar +/- 180 juta, dimana 75% nya merupakan
pelanggan dari OperatorTelkomsel,Indosat dan XL Axiata
Data menunjukkan bahwa Teledensitas (tingkat kepadatan pemakaian
telepon dibandingkan dengan 100 penduduk. Teledensitas 15% artinya
setiap 100 penduduk, 15 di antaranya memiliki dan menggunakan telepon)
penggunaan telepon di indonesia masih +/- 15% dimana jumlah tersebut
adalah kedua terendah diasia setelah india sehingga diperkirakan pasar
telekomunikasi diindonesia akan terus berkembang sampai 5 tahun
kedepan.
PERKIRAAN STRATEGI OPERATOR KEDEPAN
- Terus membangun dan membina hubungan dengan outlet.
- Memanfaatkan outlet untuk mendistribusikan berbagai macam produk seperti aplikasi, starter pack, voucher, pembayaran, layanan PPOB.
- Memanfaatkan Dompet elektronik operator sebagai alat pembayaran (saat ini 3 operator besar yaitu Telkomsel,Indosat dan XL Axiata telah mendapatkan Ijin KUPU (kegiatan usaha pengiriman uang) dari Bank Indonesia)
- Memberikan nilai yang lebih baik & merebut hati pelanggan dengan membidik pasar aplikasi dengan menggunakan pendekatan tradisional.